Budaya dan PariwisataNews

Putera Puteri Tenun dan Songket Indonesia Audisi 125 Peserta

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko membuka audisi Putera Puteri Tenun dan Songket (Foto : Oky Novianton)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko membuka audisi Putera Puteri Tenun dan Songket (Foto : Oky Novianton)

CITY GUIDE FM, KOTA MALANG – Ajang pageant Putera Puteri Tenun dan Songket Indonesia 2023, menggelar audisi di Kota Malang, Minggu (6/8) pagi. Pemilihan yang berlangsung di Hotel Ijen Suites Resort ini, hendak mencari pasangan putera dan puteri terbaik yang akan mewakili Provinsi Jawa Timur.

Ketua Komunitas Fashion Internasional Indonesia Art dan UMKM, Syukri Thiam Partasudirdja mengatakan audisi tersebut bertujuan untuk mempromosikan budaya peninggalan nenek moyang. Khususnya tenun dan songket ke kancah internasional.

“Tidak hanya itu, ini dapat menarik minat generasi muda untuk ikut melestarikan kerajinan kain tenun dan songket,” ujar Syukri, Minggu (06/08).

Baca juga :

Syukri menyebut ada 125 peserta yang mengikuti audisi tingkat provinsi Jawa Timur, bersaing menunjukkan kecerdasannya di hadapan para juri.

“Pesertanya tidak hanya dari Malang, ada juga dari Jember dan Banyuwangi. Sengaja kami pilih Kota Malang, karena berbagai kultur budaya lokal yang kuat dan produk UMKMnya juga dikenal hingga mancanegara,” jelasnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edy Jarwoko mengaku merasa terhormat dengan menggelar audisi ini di Kota Malang. Menurutnya, ajang ini dapat mengenalkan kain tenun dan songket, serta rasa untuk ikut melestarikannya.

“Tentunya, kami Pemkot Malang siap mendukung event ini. Apalagi kain tenun dan songket ini wajib kita lestarikan hingga ke anak cucu kita kelak,” kata dia.

Pasangan wakil Putera Puteri Tenun dan Songket Indonesia 2023 tiap provinsi, akan memperebutkan gelar Putera Puteri Tenun dan Songket Indonesia. Tepatnya pada pertengahan September nanti di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Reporter : Oky Novianton

Editor : Intan Refa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Radio



x