Ijen TalkNews

Meski Musim Hujan Mulai Oktober, Kewaspadaan Pada Bencana Hidrometeorologi Bisa Dilakukan Sekarang

Dokumen Kepala Kelompok Analisis Dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Malang – Ahmad Luthfi saat Talkshow

Dalam talkshow idjetalk radio City Guide pagi ini (16/9), Kepala Kelompok Analisis Dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Malang – Ahmad Luthfi bilang, Awal musim hujan di kota batu akan mulai terjadi di periode akhir oktober akhir, tapi kewaspadaan pada potensi bencana hidrometeorologi termasuk longsor, sudah harus dilakukan sekarang. Ini mengingat, sejak Agustus dan awal september hujan yang terjadi intensitasnya lumayan tinggi.

Kata Luthfi, BMKG mencatat Pada hari sabtu (12/9) kemarin hujan yang terjadi malang raya masuk dalam intensitas lebat, karena dalam 24 jam intensitasnya lebih dari 50mm.

Luthfi menjelaskan, tanda masuk musim hujan, kalau jumlah akumulasi curah hujan selama periode 10 harian lebih dari 50 mm dalam kondisi yang berturut-turut.

Kata Lutfi, hujan yang terjadi di beberapa daerah belakangan ini karena memang uniknya indonesia yang bentuknya kepulauan, dikelilingi lautan, dan posisinya di equator yang punya dampak pada intensitas hujan. Anomali yang terjadi belakangan ini, akibat adanya anomali massa udara, dan di batu serta malang tidak ada dampak ke bencana, tapi di daerah lain ada yang sampai berakibat banjir. (Elsa Renika) 

Sumber : City Guide Malang 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio



x
%d blogger menyukai ini: