News

Kasus Aktif Covid-19 Bertambah, Dinkes Kota Malang Minta Warga Selalu Waspada

dok. Istimewa

Turun dan terus melandainya kasus Covid-19 di Kota Malang beberapa waktu kemarin, membuat aktifitas dan mobilitas warga semakin ramai.

Di tambah dengan beberapa momentum seperti puasa, Lebaran sampai Idul Adha, juga membuat adanya pergerakan berbagai sektor kegiatan.

Namun, pertumbuhan kasus aktif COVID-19 di Kota Malang kini mulai menunjukkan adanya peningkatan. Menurut data yang diperoleh reporter City Guide FM dari Satgas Covid-19 Kota Malang per hari Selasa (12/7) kemarin, tercatat ada 37 kasus aktif. Sedangkan di awal bulan Juni 2022 lalu, hanya ada 4 kasus aktif.

Ditemui di halaman Balaikota Malang, Rabu (13/7/22), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, pihaknya mengakui ada tren kenaikan kasus aktif COVID-19 di Kota Malang.

Ia menyebut, pihaknya mengimbau masyarakat Kota Malang mewaspadai adanya penyebaran COVID-19.

“Walaupun ada peningkatan, kita harus tetap perlu waspada. Kalau dilihat dari akumulatif penemuan kasus, memang ada tren kenaikan,” ujarnya,

Mantan Direktur RSUD Kota Malang ini menjelaskan, mayoritas warga yang menjadi pasien baru COVID-19 merupakan warga lokal yang ada di luar kota.

Disebutkan, warga Kota Malang yang berdomisili di luar kota juga masuk data paparan COVID-19 Kota Malang.

“Kalau warga yang ada di Kota Malang sebenarnya hanya sekitar 20 sampai 30 persen dari penemuan kasus yang ada,” tuturnya.

Husnul memastikan, saat ini belum ada temuan Covid-19 varian baru di wilayah Kota Malang. Seperti BA.4 dan BA.5 yang saat ini disebut sebut tengah berkembang di beberapa wilayah. “Sampai saat ini, belum ada temuannya ya,” lanjutnya.

Meskipun saat ini, Kota Malang sudah masuk dalam level I PPKM, warga tetap di minta menerapkan prokes, saat melakukan kegiatan. Termasuk juga tetap secara masif, mengundang warga, untuk melengkapi dosis vaksin, sampai ke booster.

“Jadi, tetap harus terapkan protokol kesehatan 6 M. Dan kami sampaikan kepada masyarakat bahwa ini harus disiplin dan tertib,” tandasnya. (ok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: