News

Pentingnya Penggerak, Untuk Optimalisasi Potensi Wisata Lokal.

dok.istimewa

Reporter: Oky Novianton

Wisata identik dengan sebuah tempat yang memiliki beberapa wahana atau tempat alami yang bisa memanjakan keluarga bahkan sanak saudara dikala berlibur diwaktu akhir pekan bahkan libur panjang.

Namun, tanpa kita sadari jika sebuah desa juga bisa disebut sebagai desa wisata. Seperti halnya di Desa Wisata Kidambang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang yang memiliki nuansa wisata alam khas desa.

Dalam program Podcast Galeri Anak Negeri radio City Guide FM, Owner NK Group R. Joni Sudjatmoko SE MM mengatakan, pentingnya dalam membangun desa wisata sangat bagus untuk kesejahteraan rakyat desa.

“Desa wisata itu ibaratnya etalase produk-produk lokal yang dimiliki. untuk mengundang mereka, butuh peran penggerak agar wisata nya berkembang dan produknya bagus,” ujarnya.

Joni menyebut, Desa Kidambang sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai desa wisata, lantaran dilokasi tersebut merupakan akses utama untuk menuju ke kawasan Bromo Tengger Semeru.

“Kidambang ke Bromo itu cuma 30 menit dan daerah nya sepi. Karena di Kecamatan Wajak & Poncokusumo itu daerah pertanian, peternakan, dan pangkalan mobil hardtop. Korelasi dengan peningkatan kesejahteraan nanti Itu bagian dari lokal, orang-orang yang sukses bisnis nya harus bangun dengan dimulai desa binaan untuk dikembangkan bersama-sama,” tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Kidambang Damam TW bilang, desa nya berlokasi paling barat di Kecamatan Wajak. Ia menyebut mayoritas penduduknya berasal dari petani, home industri perdagangan, dan peternakan.

“Nah potensi inilah yang kami bangun secara pelan-pelan agar kita bisa menyamai desa wisata yang ada di Ampeldento,” kata Damam.

Damam menyebut, kekuatan warganya menjadi tolak ukur dalam membangun desa wisata yang ada di Kidambang. Ia berharap agar pemerintah daerah juga ikut andil dalam membesarkan semua desa wisata yang mulai muncul saat ini.

Kami punya motto ‘seduluran selawase’, meski banyak kekurangan tapi silahturahmi tetap ada. Harapannya, ada perhatian lebih dan kepedulian dari penggerak itu penting. Kami harap semua harus bangkit,” pungkasnya.(oky)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: