Ijen TalkNews

Penggunaan Screen Time Berlebihan Bakal Memberikan Dampak Negatif Pada Anak.

Doc.istimewa

Sabtu (9/10) Kepala Divisi Tumbuh Kembang Anak FKUB RSSA Malang dr. Ariani pada City Guide FM menyampaikan, di era 4.0 yang serba digital tidak mungkin seorang anak tidak terpapar media berbasis layar. walaupun begitu, dibutuhkan batasan yang jelas, agar penggunaan screen time tidak berlebihan pada anak.

dr. Ariani juga bilang, batasan penggunaan screen time pada anak sangat penting, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan pada otak antara anak yang memakai gadget dan tidak ditemukan, ada perubahan pada otak anak yang memakai gadget, salah satunya area putih otak yang bertanggungjawab pada bahasa, komunikasi dan kognitif terjadi penurunan.

Menurut Ariani, ada beberapa cara manajemen screen time pada anak yang bisa dilakukan, seperti ada peraturan yang jelas soal pemakaian gadget di keluarga mulai dari jenisnya, durasi dan lokasi. selain itu, orangtua juga harus bisa membangun komunikasi terbuka pada anak, jadi anak bisa bercerita dengan jujur tanpa takut bakal dimarahi orangtua. (AN)

SUMBER : CITY GUIDE FM

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: