Ijen Talk

Kelima Poin Pancasila Sebagai Karakter Dasar Bangsa Indonesia

Hari ini (1,6) di City Guide Malang , Periset dan Penulis Buku Sejarah Pejambon 1945 – Osa Kurniawan Ilham mengatakan, dilihat dari sejarahnya, Bung Karno mengakui bahwa Pancasila bukan dia yang menciptakan. Jadi dirinya hanya menggali dan menggali karakter mendasar masyarakat Indonesia.

Osa bilang, dalam penelitiannya dirinya sangat tertarik atas perjalanan Pancasila. Dimulai pada saat dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang diketuai Rajidman Wedyodiningrat, sempat Bung Karno menjawab pertanyaan Radjidman soal negara yang merdeka tujuan dan dasarnya apa. Saat itu Bung Karno menawarkan adanya Pancasila, hasil dari renungannya, berharap bisa menjadi prinsip atau ideologi way of life Bangsa Indonesia.

Hingga akhirnya disepakati bahwa Pancasila menjadi dasar Negara Indonesia, sebagai negara yang merdeka. Bung Karno menjelaskan pada saat itu, bahwa negara Indonesia terbentuk sebagai negara yang berketuhanan, berkemanusiaan, berkerakyatan, dan berkeadilan social. (WL-CG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: