News

Kolaborasi Semua Pihak Ciptakan Desa Yang Lebih Makmur

Dok: Host Eko Setyawan ( Kiri ) R. Djoni Sujadmoko Owner NK Group ( Kanan ) Saat Podcast di Galeri Karya Anak Negeri NK Cafe Karangploso ( 28/07)

Potensi kekayaan yang ada di Indonesia masih melimpah. Namun tahukah anda bahwa potensinya itu berasal dari desa.

Tanpa kita sadari, potensi itu dimulai dari beberapa orang desa yang peduli terhadap desanya, dengan mengembangkan sebuah desa menjadi lumbung kesejahteraan rakyat di desanya.

Dalam program Podcast Galeri Anak Bangsa radio City Guide FM, Owner NK Group – R. Joni Sudjatmoko SE MM mengatakan, peran itulah yang harus didukung bagi seluruh desa di Indonesia.

Menurutnya, kesadaran masyarakat desa khususnya peran generasi milenial dalam memberdayakan 1 desa harus dibangun dari sekarang.

“Setiap desa pasti punya potensi yang bisa dijadikan sebagai lumbung perekonomian. Tinggal digerakkan saja orang-orangnya,” ujarnya.

Joni menjelaskan, ±83 ribu desa yang ada di 34 provinsi itu harus memfokuskan pembangunan di desanya. Seperti halnya pariwisata yang ada di Ampeldento, Karangploso, Kabupaten Malang.

“Mengolah kearifan lokal dengan alamiah bukan menganggu wisata di batu, tapi menambah wisata yang ada di Malang Raya,” tuturnya.

Joni berharap, dengan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan kelompok pengembangan desa bisa menciptakan solusi dalam mensejahterakan seluruh rakyat yang ada di seantero pulau Indonesia.

“Jadi konsepnya bukan mencari penggerak tapi membangunkan penggerak yang ada di desa. Dan itu ada di pemuda dan diri kita,” pungkasnya. (ok/rep)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: