Ekonomi BisnisNews

TPID Kota Malang Pantau Harga Sembako Jelang Nataru

kunjungan TPID Kota Malang pantau harga jelang Nataru (foto : Intan Refa)
kunjungan TPID Kota Malang pantau harga jelang Nataru (foto : Intan Refa)

CITY GUIDE FM, KOTA MALANG – Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah melakukan kunjungan ke beberapa tempat, untuk memantau harga sembako menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Kamis (22/12). Mulai dari Pasar Besar Kota Malang, gudang distributor, gudang Bulog dan Fuel Terminal Pertamina Kota Malang.

Dari hasil pantauan itu, Wahyu mengatakan sejumlah harga sembako sejauh ini dalam kondisi stabil. Dalam artian, sejumlah bahan pokok telah mengalami penurunan setelah kenaikan harga dalam beberapa hari yang lalu.

“Kami mengunjungi pasar besar, kami bertanya kepada pedagang. Memang beberapa komoditi dalam kondisi stabil. Kemarin sempat naik, tapi beberapa komoditi turun harga sedikit. Seperti cabe rawit, keriting, cabe merah, bawang, gula, minyak, beras, memang semua turun. Tetapi kecenderungannya tetap naik karena jelang Nataru,” jelas Wahyu.

Baca juga :

Sedangkan pasokan beras, TPID menyepakati akan membeli beras stok dari Bulog untuk mengantisipasi kenaikan harga. Pihaknya berencana akan menggelar operasi pasar murah yang didistribusikan ke pasar-pasar.

Perihal operasi pasar, Wahyu mengaku akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Rencananya operasi pasar ini akan digelar sebelum dan sesudah Natal. Pemkot Malang akan mengambil dana BTT sebesar Rp 2 miliar untuk subsidi beras ini. Pihaknya berharap strategi ini dapat menekan kenaikan harga selama liburan natal dan tahun baru 2024.

Reporter : Intan Refa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Radio



x