Idjen TalkNews

Parkir Vertikal Jadi Solusi Ruwetnya Perparkiran Kota Malang?

Idjen Talk edisi 31 Oktober 2023
Idjen Talk edisi 31 Oktober 2023

CITY GUIDE FM, IDJEN TALK – Pemerintah Kota Malang saat ini memang tengah membangun parkir vertikal untuk mengatasi ruang parkir yang semrawut. Tempat parkir yang seringkali memakan bahu jalan ini, memang menjadi salah satu penyebab macet di Kota Malang.

Dalam Idjen Talk bertajuk “Vertikal, Solusi Ruwetnya Parkir di Kota Malang?”, Kabid Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Malang Mustaqim Jaya menjelaskan saat ini masih berlangsung proses pembangunan parkir vertikal di Stadion Gajayana.

“Parkir vertikal ini berjumlah 3 lantai khusus roda dua dengan kapasitas seribu empat ratus unit. Alasan penempatannya di depan Stadion Gajayana karena sering ada event di sana. Dan selalu macet karena banyak roda dua yang parkir di tepi jalan, seperti Jalan Semeru, Jalan Tangkuban Perahu dan Jalan Tenes,” kata Mustaqim.

Baca juga :

Mustaqim menambahkan, tahun ini pihaknya hanya membangun satu parkir vertikal. Sedangkan tahun depan parkir vertikal akan memanfaatkan lahan eks DLH. Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Kota Malang Ahmad Wanedi menjelaskan anggaran parkir bertingkat ini sebenarnya sudah diajukan tahun 2022 yang baru terwujud tahun ini.

“Tahun 2023, pengajuan anggaran untuk parkir vertikal tambahan juga sudah diajukan untuk pembangunan tahun 2024,” kata Wanedi.

Menurutnya, parkir bertingkat ini sifatnya berkelanjutan, supaya permasalahan parkir tepi jalan bisa teratasi. Di sisi lain, Kepala Lab Transportasi dan Penginderaan Jauh UB Hendi Bowoputro menjelaskan parkir vertikal akan efektif, jika lahannya tidak benar-benar di tepi jalan.

“Setelah parkir bertingkat ini, tugas dinas perhubungan selanjutnya adalah memberikan edukasi kepada masyarakat. Supaya tidak lagi memanfaatkan badan jalan untuk parkir,” pungkasnya. (WL)

Editor : Intan Refa

Simak juga tema Idjen Talk lain :

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also
Close
Back to top button

Radio



x