Idjen Talk

Para Pakar Jelaskan Faktor Penyebab Tindak Kriminal

Idjen Talk Edisi 19 September 2022

CITY GUIDE FM, IDJEN TALK – Tindak kriminal yang terjadi di tengah masyarakat, umumnya akumulasi dari masalah sosial yang belum teratasi. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu, seseorang melakukan tindak kriminal.

Dalam talkshow Idjen Talk bertajuk “Kenapa Pelaku Kriminal Semakin Brutal?”, Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Prija Djatmika memberi penjelasan. Menurut Prija suatu tindak kriminal terjadi karena beberapa faktor penyebab.

Antara lain faktor ekonomi yang sulit, emosionalitas, pergaulan masyarakat dan struktur pemerintah yang tidak adil. Kata Prija, ada beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk menanggulangi kejahatan.

“Seperti pendekatan hukum dan di luar hukum, termasuk peningkatan kesejahteraan sosial yang bisa mencegah terjadinya tindak kriminalitas,” jelas Prija.

Sementara itu, Konsultan Psikiatri Forensik RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang dr Alexandra DMW mengatakan, resistensi dan pendidikan karakter sejak dini berkaitan erat dalam pencegahan tindak kejahatan.

¬†“Kejahatan bisa terjadi karena ketidakseimbangan. Manusia punya dorongan primitif untuk¬† bertahan hidup, tapi juga harus diimbangi dengan fungsi kognitif. Seperti bagaimana lingkungan bisa menanamkan norma-norma dan personal value untuk mencegah terjadinya kejahatan,” kata dr Alexandra.

Menurutnya, pencegahan bisa mulai dari keluarga, seperti pendekatan usia dini, mengajarkan berempati dan afeksi positif. Hal ini penting, karena seringkali tindak kejahatan terjadi, karena pelaku kurang berempati dan kurang mendapatkan kehangatan di dalam keluarga. (AN)

Editor : Intan Refa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Radio



x