KesehatanNews

Mudah Memar? Simak Penyebab Tubuh Alami Kondisi Ini

ilustrasi tangan memar (freepik.com/freepik)

CITY GUIDE FM – Memar dapat terjadi ketika pembuluh darah kecil pecah sehingga menyebabkan perubahan warna memar menjadi biru keunguan. Pemicunya bisa karena terbentur benda keras hingga terjatuh dengan posisi tertentu. Namun, ada juga beberapa orang yang tubuhnya mudah memar tanpa alasan yang jelas. Itu sebabnya, berikut 5 penyebab tubuh mudah memar :

Usia
Penuaan kulit akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Itu sebabnya, seiring bertambahnya usia, pembuluh darah akan semakin melemah dan kulit akan menipis. Hal itulah yang bisa memicu pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan memar.

Baca juga :

Leukimia
Penyakit kanker darah atau leukimia merupakan salah satu penyebab tubuh memar. Kanker ini menyerang jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk sumsum tulang belakang dan kelenjar getah bening. Itu sebabnya, ciri dari penyakit ini adalah mudah pendarahan, lebam, penurunan berat badan, demam serta keringan berlebih.

Hemofilia
Hemofilia merupakan penyakit keturunan yang mengganggu proses pembekuan darah. Umumnya, gejala dari penyakit ini adalah pendarahan yang spontan terjadi dan sulit berhenti seperti mimisan serta mudah memar.

Penyakit Von Willerbrand
Penyakit Von Willerbrand yang disebabkan oleh mutasi pada gen VWF merupakan penyakit keturunan yang membuat darah sulit membeku. Gejala yang biasa muncul karena menderita penyakit ini adalah mudah memar, mimisan berlebihan, gusi berdarah dan pendarahan berat yang tidak normal ketika menstruasi.

Kekurangan Vitamin
Kekurangan vitamin terutama vitamin C dapat memicu timbulnya penyakit kudis. Pasalnya, vitamin C memiliki peran penting untuk pembentukan kolagen dari struktur pembuluh darah.

Ketika seseorang mengalami penyakit kudis, pembuluh darah akan menjadi lemah sehingga mengakibatkan gusi berdarah, luka sulit sembuh serta mudah memar. Selain itu, kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan seseorang mengalami memar secara tiba-tiba.

Penulis : Dilla Dyneta (Magang)

Editor : Intan Refa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also
Close
Back to top button

Radio



x