News

Heboh SMS Blast Gempa M 8.5 dan Peringatan Dini Tsunami Begini Penjelasan BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG – Bambang Setiyo Prayitno  bilang, SMS blast perkiraan gempa bumi berkekuatan M8,5 dan berpotensi tsunami yang tersebar melalui saluran komunikasi SMS BMKG-Kominfo hari ini, Kamis 27 Mei 2021 sekitar pukul 10.36 WIB dinyatakan tidak benar.

Kata Bambang, terjadi kesalahan pada sistem pengiriman informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami melalui kanal SMS. Saat ini BMKG bersama Kominfo sedang melakukan penelusuran dan investigasi lebih mendalam, terkait penyebab kesalahan sistem itu.

Sementara, Informasi yang tersebar itu bukan prediksi gempa yang akan terjadi dalam waktu dekat ini. Karena hingga saat ini belum ada satu pun teknologi di dunia yang mampu memprediksi dengan tepat dan akurat kapan, dimana, dan berapa besar kekuatan gempa akan terjadi.

Sebelumnya beredar informasi SMS blast dari KominfoBMKG yang menginformasikan peringatan dini tsunami di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah dengan kekuatan magnitudo 8,5 pada 4 Juni 2021 sekitar pukul 10.14 WIB, berlokasi 10,50 LS, 114,80 BT dengan kedalaman 10 kilometer. Namun, hal itu hanya merupakan kesalahan sistem pengiriman yang dinyatakan sebagai tes peringatan dini tsunami. (SR) (SL)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: