News

Disparta Kota Batu Targetkan 400 Tour Guide Tersertifikasi

Doc Istimewa

CITY GUIDE FM, BATU – Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief as Shiddiq berupaya menambah legalitas profesi tour leader atau tour guide yang kompeten. Sebagai kota dengan beragam destinasi pariwisata maupun sejarah, peran tour guide memang sangat penting dalam memandu wisatawan secara profesional.

Dalam melaksanakan sertifikasi tersebut, pihaknya bekerja sama dengan kemenparekraf, maupun lembaga sertifikasi seperti LSP Pariwisata. Sementara itu, Arief juga menyampaikan bahwa anggaran yang dikeluarkan untuk sertifikasi ini berasal dari Kemenparekraf.

“Ini adalah komitmen kita, jadi di tahun kemarin kita sudah mendapatkan kesempatan sertifikasi kurang lebih 200 orang,” kata Kepala Disparta Kota Batu Arief as Shiddiq.

Sementara di tahun ini, pihaknya menargetkan kurang lebih 400 orang pelaku industri wisata, baik travel guide, tour guide, hingga pelaku pariwisata di sektor lain, seperti di perhotelan, untuk tersertifikasi.

Tour guide yang memiliki sertifikasi bisa mendapatkan beberapa benefit, di antaranya adalah membuktikan bahwa kemampuannya telah diakui oleh penguji profesional. Kemudian memudahkan perusahaan untuk menyaring bibit unggul dan meningkatkan produktivitas kerja karena sebelum menjalani uji kompetensi seorang tour guide harus menjalani pelatihan terlebih dahulu.

Lalu, sertifikasi ini juga berguna untuk mengukur kemampuan individu seorang tour guide, apakah masih kurang ataukah sudah sesuai standar. Arief berharap tour guide di Kota Batu ini bisa tersertifikasi seluruhnya dan ikut mempromosikan potensi wisata di Kota Batu. (rep/ref)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also
Close
Back to top button

Radio



x