Budaya dan PariwisataNews

Terobosan Tim PKM Unmer Malang Lestarikan Budaya Lokal

sarasehan di Desa Sukowilangun, Kalipare (Foto : UNMER Malang)
sarasehan di Desa Sukowilangun, Kalipare (Foto : UNMER Malang)

CITY GUIDE FM, KABUPATEN MALANG – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Merdeka (UNMER) Malang bertekad untuk menjadikan Desa Sukowilangun, Kalipare menjadi Desa Wisata Cagar Budaya. Caranya dengan optimalisasi pelestarian kebudayaan dan tradisi Jawa dengan menggaet komunitas dan anak-anak muda.

Ketua Tim PKM Unmer Sri Widayati juga menggandeng Komunitas Pecinta Tradisi dan Budaya Jawa (Petrabaja). Komunitas ini secara aktif melakukan sarasehan bersama dengan para sesepuh desa dan pegiat budaya. Tidak lain untuk mempelajari sekaligus memperkenalkan berbagai macam adat dan kebudayaan kepada masyarakat setempat.

“Karena kami menyadari mulai terkikisnya tradisi Jawa yang ada di masyarakat. Terutama generasi muda sedikit demi sedikit┬ámulai meninggalkan tradisi Jawa,” terang Sri Widiati.

Baca juga :

Langkah awal pemberdayaan kebudayaan adalah memperbaiki Pendopo Sasana Kridha Budaya yang ada di lokasi cagar budaya Makam Eyang Suko. Tepatnya di Taman Suko, sebuah taman wisata desa yang juga menjadi pusat pagelaran budaya.

Tidak hanya memperbaiki pendopo, tim juga memberikan fasilitas pendukung kegiatan sarasehan budaya. Lalu memberikan pelatihan social media management kepada anak muda, pembuatan video dokumenter dan booklet tradisi budaya.

Video dan booklet itu berisi berbagai macam tradisi ritual budaya, mulai dari rangkaian tradisi ritual kelahiran, pernikahan hingga kematian. Di Desa Sukowilangun ini, biasanya kegiatan sarasehan berlangsung setiap malam Jumat Legi, disambung dengan pagelaran budaya lokal dan Pasar Thorekan.

“Di samping itu kita buatkan video dan booklet untuk menjadi panduan. Terutama generasi muda dalam melaksanakan ritual budaya di masa mendatang,” harap dosen ilmu komunikasi ini.

Editor : Intan Refa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Radio



x