Ekonomi

Kolaborasi TPID Kota Malang Jadi Kunci Kendalikan Inflasi Di Awal Tahun

Walikota Malang Sutiaji saat meninjau pasar bersama TPID. (Foto : Oky Novianton)

CITY GUIDE FM, KOTA MALANG – Pada Januari lalu, pemerintah Kota Malang mengklaim tingkat inflasi cukup terkendali. Walikota Malang Sutiaji mengatakan pihaknya berhasil meredam dengan pendekatan mikro melalui kolaborasi kebijakan yang efektif dari stakeholder terkait.

Mulai dari jajaran perangkat daerah di Pemerintah Kota Malang, Bulog, BPS, Bank Indonesia, OJK, dan instansi lain yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Mereka melakukan sejumlah pendekatan untuk meminimalisasi dampak inflasi.

Walikota Malang Sutiaji mengatakan, melalui perangkat daerah terkait, pemantauan di tempat perbelanjaan terbilang cukup efektif dalam pengendalian harga di pasar.

“Hasil temuan kami, tidak ada lonjakan harga di pasar. Ini menandakan berimbangnya permintaan dan penawaran. Selain itu, kita juga memastikan stok bahan kebutuhan pokok yang ada di pasar dan hasilnya pun terbukti efektif,” ujarnya, Senin (13/2).

Sam Sutiaji, sapaan akrabnya, menjelaskan pihaknya sudah memastikan hal itu melalui Bulog Kancab Malang. Pihaknya menyebut ketersediaan bahan pokok di Kota Malang aman dan terkendali.

“Ini tinggal bagaimana perilaku pasar yang terjadi, tetapi saya sangat menghimbau jangan ada permainan pasar dan mengambil kesempatan, jadi mari kita jaga kondusivitas ini dengan baik” tuturnya.

Menurut sumber dari Bulog Malang per 10 Februari lalu, ketersediaan stok yang ada di antaranya beras 1.336.645 kg, gula 86.887 kg, serta minyak goreng 39 ribu liter. Informasi dan literasi juga terus diberikan agar tidak ada permainan pasar untuk memanfaatkan peluang yang ada.

“Perilaku pasar sangat positif dan terkendali baik dari penjual serta konsumen, karenanya masyarakat diminta untuk tidak gegabah dan berbelanja sesuai dengan kebutuhan yang sewajarnya,” pungkasnya. (rep)

Reporter : Oky Novianton

Editor : Intan Refa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Radio



x