NewsPemerintahan

Pemkot Malang Berencana Beri Subsidi Pakan Ternak

salah satu peternakan modern di Kelurahan Wonokoyo, Kedungkandang (foto : Intan Refa)
salah satu peternakan modern di Kelurahan Wonokoyo, Kedungkandang (foto : Intan Refa)

CITY GUIDE FM, KOTA MALANG – Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat berencana memberikan subsidi pakan ternak untuk menekan harga telur yang terus meroket. Hal ini dia sampaikan usai meninjau sejumlah peternak ayam, baik tradisional maupun modern di Kelurahan Wonokoyo, Kedungkandang pada Senin (26/2/2024).

Di Kota Malang sendiri baru ada satu peternakan ayam modern. Sedangkan peternakan tradisional ada 27 peternak. Hasil pantauan ke sejumlah peternakan ini, Wahyu mengatakan bahwa stok telur maupun daging ayam terpantau aman. Hanya saja memang, kenaikan harga telur beberapa hari terakhir merupakan imbas dari kenaikan harga pakan jagung.

“Sarana prasarana ternak (sapronak) itu kan tidak hanya pakan saja. Ada beberapa yang menjadi satu, itu juga (harga) naik,” terang Wahyu.

Baca juga :

Dia mengaku para peternak saat ini sudah mendapatkan bantuan dari koperasi salah satunya adalah program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). Di samping Pemkot Malang juga akan berusaha mencari opsi subsidi untuk menekan harga pakan ayam.

“Tapi kita nanti akan coba ke Bulog untuk konsultasi supaya bisa menekan harga pakan,” lanjutnya.

Pemberian subsidi pakan ternak ini mekanismenya, pemerintah akan membeli pakan ternak dari koperasi. Lalu Pemkot Malang akan menjualnya kembali kepada peternak dengan harga murah. Dengan demikian, pihaknya berharap cara ini akan mampu menekan harga telur yang semakin naik jelang bulan Ramadhan.

Reporter : Intan Refa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Radio



x