News

Membangun Desa Mandiri Di Malang Raya, Bangkitkan Ekonomi Desa

Dok.istimewa

Sebuah desa masing-masing memiliki potensi yang bisa menguntungkan bagi warganya. Baik dari segi produk hingga tempat wisata.

Seperti halnya di Desa Wisata Gentong Mas yang berada di Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang yang memiliki nuansa wisata alam khas desa.

Dalam program Podcast Galeri Anak Negeri radio City Guide FM, Owner NK Group R. Joni Sudjatmoko SE MM mengatakan, pentingnya dalam membangun desa mandiri sangat harus dimulai dari sekarang.

“Seperti di Desa Gentong Mas. Disini sudah dikatakan nyaris mandiri karena punya potensi yang bisa dijadikan sebagai lumbung perekonomian. Tinggal kolaborasi dengan Pemkab,” ujarnya.

Joni menyebut, 3 hal yang ia sebutkan di episode lalu yakni Atraksi, Akses, dan Promosi tidak boleh berhenti dan harus bergerak maju.

“Ketika 3 hal ini berjalan bagus, tinggal dorongan dari Pemda. Karena kita juga membantu untuk meningkatkan perekonomian lokal dan menciptakan lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Sukolilo Joni Arifin bilang, membangun desa wisata di daerahnya butuh kerja keras dari berbagai elemen. Termasuk para karang taruna di desanya.

Menurutnya, tempat yang kini menjadi jujugan masyarakat luar Kabupaten Malang itu awalnya hanya sebuah hamparan lapangan yang luas.

“Tempat ini dulunya semak belukar dan tidak tersentuh oleh manusia. Disitu saya berpikir bahwa mengapa itu tidak dibangun sebuah tempat yang bisa dimanfaatkan bersama-sama,” kata dia

Dirinya menyebut, kunci dalam kemajuan desa wisata nya ada 3. “Pasti kita jalankan Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi. Jika itu sudah jalan tinggal Pemkab Malang untuk mendukung upaya dari kami,” pungkas dia. (rep:ok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: