News

Gubernur Khofifah Sebut 3 Kota Di Jatim Jadi Pusat Pengembangan Olahraga Berprestasi

Dok.istimewa

Prestasi para atlet asal provinsi Jawa Timur diberbagai ajang olahraga tingkat nasional hingga internasional, tidak terlepas dari peran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dalam mempersiapkan itu semua.

Hal itu disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, saat ditemui disela-sela acara apel Puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) Provinsi Jawa Timur, di GOR Ken Arok, Kota Malang, Jumat (23/9/22).

Khofifah mengatakan, potensi 3 daerah di Jatim, yakni Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Madiun untuk menjadi sport tourism, sport industry, dan sport science sangat luar biasa.

“Jatim punya kampus Unesa di Surabaya sebagai sport science. Kalau sport tourism ada disini (Kota Malang) dan sport industry berada di Kota Madiun. Maka, olahraga memiliki dampak pertumbuhan ekonomi serta prestasi olahraga yang cukup signifikan,” ujarnya.

Kepada reporter City Guide FM, Khofifah menyebut itu semua masuk dalam proyek Garis Besar Olahraga Nasional (GBON). Sehingga ini menjadi Pekerjaan Rumah bersama Pemda terkait.

Selain mencetak atlet, pihaknya harus menyiapkan ekosistem tersebut. Tidak hanya satu bidang olahraga yang berpotensi meraih prestasi saja, namun juga pengembangan olahraga tradisional.

“Insya Allah, kita akan menguatkan bukan hanya olahraga prestasi, tapi ada juga olahraga tradisional yang masih belum dikenal kalangan warga, terutama anak muda,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, adanya peran dari KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) sangat berpengaruh untuk masuk dalam proyek GBON serta pengembangan terkait olahraga tradisional.

Jika ini berhasil, maka proyek tersebut bisa menjadi acuan bahwa Jawa Timur siap menjadi kiblat pencetak atlet olahraga yang berprestasi.

“Ini bisa dilakukan, bahwa olahraga dari berbagai olahraga tradisional yang ada, kita bisa kembali ke masa dulu. Dimana ada mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga,” pungkasnya.

Sebagai informasi, acara Puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 Jawa Timur juga diikuti oleh seluruh pimpinan 38 kepala daerah kabupaten/kota di Jatim.

Kegiatan itu berlangsung meriah. Mengingat beberapa atlet-atlet berprestasi menunjukkan atraksinya, seperti Wushu, Dance Sport, hingga Panahan. (Rep:Ok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: