News

Bawa 2 Sample, Tim Labfor Polda Jatim Butuh Waktu 10 Hari Selidiki Penyebab Kebakaran Malang Plaza

Sumber : Dok Istimewa

CITY GUIDE FM, MALANG – Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur, kembali mendatangi lokasi kebakaran Malang Plaza, Jalan KH Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Kamis (04/05/23).

Tim yang dipimpin Ketua Tim Labfor, Kombes Pol Joko Siswanto itu, masuk ke lokasi pada pukul 10.00 WIB dengan pengawalan ketat dari personel gabungan TNI-POLRI dan Satpol PP Kota Malang.

Sekitar pukul 11.30 WIB, tim Labfor Polda Jatim pun keluar dengan membawa 2 sample. Yakni abu sisa kebakaran dan sebuah kabel.

Ketua Tim Labfor Polda Jatim Kombes Pol Joko Siswanto mengatakan, barang-barang tersebut diambil dari kawasan lantai 1, 2 dan 3 di gedung Malang Plaza. Selanjutnya, barang itu akan dilakukan pengecekan di lab untuk arsennya dengan alat CGMS.

“Arang dan abu kita ambil komplet dari lantai 1, 2 dan 3. Kita cari rambatan api. Untuk kabel, akan kita cek terbakar dari dalam atau di luar,” ujarnya.

Joko menyebut, dari sampel barang tersebut selanjutnya akan diekstrak dan dibandingkan dengan lainnya. Dicek menggunakan alat CGMS untuk mengetahui barang-barang yang mudah terbakar. Hasilnya akan diketahui dalam beberapa hari ke depan.

“Sekitar satu minggu sampai 10 hari untuk dilakukan pemeriksaan. Sehingga bisa diketahui hasilnya,” tuturnya kepada reporter City Guide FM.

Disinggung apakah pemeriksaan di lokasi sudah selesai, Joko menerangkan, itu sesuai keperluan. Artinya, jika masih merasa diperlukan data lagi, bisa saja dilakukan lagi.

“Tugas kami itu mencari titik api pertama dan mengetahui penyebab kebakaran. Kalau pemilik stand boleh masuk apa tidak, bukan ranah kami,” pungkasnya.

Sebelumnya, gedung Malang Plaza dilalap si jago merah pada Selasa dini hari, (02/05) lalu. Kebakaran hebat itu, melalap sebagian besar isi Mall tersebut. Tidak saja pakaian, namun juga dagangan lain mulai barang elektronik, gadget dan lainya.

Malang Plaza, merupakan pusat perbelanjaan di Malang yang sudah didirikan sejak puluhan tahun lalu. Bahkan, kategori plaza tertua dan melegenda di Kota Malang.

Dulunya, terkenal sebagai sentra fashion dan pusat perbelanjaan utama di pusat Kota. (rep/ok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also
Close
Back to top button

Radio



x