NewsPendidikan

4 Varietas Bibit Pohon Buah Ditanam di Gerakan Sejuta Pohon UIN Maliki

doc. istimewa

CITY GUIDE FM, BATU – Sebanyak 1.000 pohon yang terdiri dari 4 varietas, ditanam di kawasan ruang terbuka hijau Hutan Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, pada Rabu (18/1) siang. Lokasi hutan kampus ini terletak di Kampus III UIN Maliki, Jalan Locari, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo.

Keempat varietas bibit pohon tersebut adalah kelengkeng new kristal, nangka merah, alpukat alligator dan Ficus benjamina atau beringin, yang masing-masing berjumlah 250 pohon. Khusus untuk pohon beringin sengaja ditanam di tepi sungai yang bertujuan untuk konservasi air. Karena di dekat area hutan kampus tersebut terdapat dua mata air.

doc. istimewa

Selain Rektor UIN Maliki Prof Zainuddin, di sana juga tampak hadir DPRD Pemprov Jatim Komisi B Agus Dono Wibawanto, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS) dan beberapa organisasi perangkat daerah hingga camat dan kepala desa. Tidak hanya itu, berbagai komunitas atau aktivis lingkungan juga turut mendukung gerakan itu, di antaranya adalah komunitas Alamku Hijau dan Mapala Tursina.

“Tree planting ini merupakan program kita untuk merealisasikan green campus, konsep yang berkaitan dengan lingkungan. Kampus tidak saja membangun fisik, tapi bagaimana lingkungan itu juga jadi perhatian kita. Oleh karena itu yang diundang juga berbagai instansi yang terkait baik lingkungan sosial maupun alam,” jelas Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Prof Zainuddin.

Sementara itu, bibit pohon saat ditanam setinggi 120-200 cm, di atas area lahan seluas 3 hektar. Masing-masing tanaman diberi jarak 5×5 meter. Gerakan ini juga didukung oleh British American Tobacco, yang menyempatkan hadir untuk ikut acara seremonial ini. (ref)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio



x
%d blogger menyukai ini: