NewsPendidikan

Prof Dr Hariyono Resmi Dilantik Jadi Rektor Baru UM

Rabu (26/10/22), menjadi hari yang sakral bagi Prof Dr Hariyono MPd. Pasalnya, ia dilantik sebagai Rektor Universitas Negeri Malang (UM) periode 2022-2027 oleh Majelis Wali Amanat (MWA).

Pelantikan tersebut berlangsung di gedung Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang (UM). Ketua MWA UM, Erik Setyo Santoso, S.T., M.T. mengucapkan selamat kepada Rektor terpilih, Prof Dr Hariyono MPd. “Berangkat dari rasa spirit pengabdian, saya menyampaikan selamat dan semoga amanah kepada Prof Hariyono,” ujarnya.

Ia berharap, kampus UM dalam 5 tahun mendatang akan menjadi perguruan tinggi rujukan segi ilmu pengetahuan dan teknologi.

“UM telah memiliki kekuatan yang menjadi pondasi. Dari sisi keunggulan riset, menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dunia, kita memiliki Rektor baru untuk menjadikan UM yang Unggul,” tuturnya.

Erik juga menambahkan, kampus UM harus diwujudkan sebagai pioner, agar selalu berada dan hadir di tengah pusaran masyarakat.

”Semoga, ini menjadi langkah peneguh kita, di dalam memajukan masyarakat kota Malang, serta Indonesia. Menjadi guru bangsa dan dunia,” tambahnya kepada reporter City Guide FM.

Sementara, Rektor UM Periode 2018-2022, Prof Dr Rofi’uddin M.Pd menyampaikan pesannya kepada Rektor baru. Bagi, Prof Rofi’ sapaan akrabnya, UM yang sudah bertransformasi dari PTN BLU menjadi PTN BH, memiliki tugas yang lebih berat ke depan.

“Kalau berbicara hak rektor banyak sekali, termasuk mendapat tunjangan, memberhentikan dan melantik para pejabat di UM. Dari segi kewajiban ada catatan yang menjadi perhatian kita yaitu bagaimana menyiapkan income generating,” sebut dia.

Selain melakukan perbaikan dari segi akademik, Prof Rofi’ berharap agar UM ke depan bisa mandiri secara finansial. “Mulai 2022 ini, setiap Rupiah yang keluar harus dihitung. Pekerjaan rumah yang cukup berat tapi saya yakin dapat dijalani Rektor yang baru dilantik,” tambah dia.

Turut hadir juga dalam pelantikan tersebut diantaranya Panglima Kostrad; Walikota Malang, Drs Sutiaji; Walikota Batu, Dewanti Rumpoko; Pimpinan Forkopimda Malang Raya; Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Ketua DPRD Kota Malang. (rep-ok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio



x
%d blogger menyukai ini: