News

Peran Penggerak Desa Hasilkan Sebuah Kemakmuran Bagi Seluruh Rakyatnya

Sumber : Dok Istimewa

Sebuah desa pasti memiliki potensi yang bisa menguntungkan bagi warganya. Baik dari segi produk hingga tempat wisata.

Namun, potensi tersebut harus dimulai dari orang-orang yang menggerakkan segala tenaga dan usaha demi memajukan suatu desa lebih jaya.

Dalam program Podcast Galeri Anak Bangsa radio City Guide FM, Owner NK Group – R. Joni Sudjatmoko SE MM mengatakan, kesadaran masyarakat desa khususnya peran generasi milenial dalam memberdayakan 1 desa harus dibangun dari sekarang.

“Setiap desa pasti punya potensi yang bisa dijadikan sebagai lumbung perekonomian. Tinggal digerakkan saja orang-orangnya,” ujarnya.

Joni menjelaskan, penggerak desa merupakan ‘mesin utama’ dalam memajukan suatu desa. “Ibaratnya kita punya sepeda motor dan ketika dihidupkan itu berasal dari sebuah mesin dalam,” tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Sukolilo Joni Arifin menceritakan sejarah desanya yang dulunya tidak terkenal kini disegani oleh seluruh masyarakat.

“Awal 90’an memang saya rela meninggalkan pekerjaan saya sebagai anggota TNI hanya untuk memajukan desa Sukolilo ini. Karena disini ada 3 yang berpotensi maju, rumput taman, gula tebu lokal dan tempat wisata,”sebut dia.

Arifin menyebut, keberhasilan dalam memaksimalkan 3 potensi itu berkat upayanya dalam menghidupkan para pemuda desanya sebagai penggerak desa.

“Rumput taman kita sudah standar nasional, kemudian gula tebu lokal sekarang terkenal di seluruh Indonesia, dan tempat wisata ada di NK Cafe. Karena berkat para pemuda lah yang sadar bahwa desa ini harus dimakmurkan,” tandas dia. (ok/rep)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: