News

Jelang Arus Mudik Lebaran, Satlantas Polresta Malang Kota Lakukan Pengalihan Lalin Di Jalan A. Yani

dokumen istimewa

Pasca pemerintah pusat memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas mudik di masa libur lebaran Idul Fitri 1443 H nanti, beberapa arus lalu lintas mulai terpantau mengalami peningkatan.

Terbukti, dikawasan Jalan A. Yani tepatnya di simpang tiga PDAM Lama (Malang Creative Center) dan Masjid Sabilillah, Blimbing, Kota Malang semakin hari mengalami kepadatan kendaraan. Baik dari arah Surabaya ke Kota Malang maupun sebaliknya.

Untuk itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Malang Kota melakukan ujicoba rekayasa pengalihan arus lalu lintas dikawasan tersebut yang sering kali menjadi titik pusat kemacetan rutinan di Kota Malang ini.

Wakasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Kuntjoro mengatakan, pengalihan arus lalu lintas tersebut dilakukan, mengingat kawasan jalan A. Yani selalu menjadi rute langganan bagi pemudik maupun pelancong.

“Kawasan jalan A. Yani memang jadi tempat kemacetan setiap harinya. Untuk itu kami berencana melakukan pengalihan arus lalu lintas dengan mengujicobakan terlebih dahulu,” ujarnya, Kamis (21/4/22).

Kepada reporter City Guide FM, ujicoba pengalihan arus lalu lintas tersebut dimulai dari depan PDAM Lama Blimbing dan Simpang Tiga Jalan Borobudur.

Untuk teknisnya, dari arah Surabaya yang akan menuju ke Jalan Simpang tiga Borobudur dialihkan putar balik ke lajur U-turn Jalan Letjen Sutoyo depan Hotel Atria.

Sedangkan dari arah Jalan L.A. Sucipto yang akan mengarah ke Fly over Arjosari, juga dialihkan ke u-turn Jalan Letjen Sutoyo.

Sementara, untuk arah Jalan Borobudur menuju ke Jalan Letjen Sutoyo, diharuskan belok ke kiri menuju ke Jalan A. Yani, untuk selanjutnya ke u-turn fly over Arjosari.

“Sedangkan dari arah Jalan Borobudur dan Letjen Sutoyo yang akan menuju ke Jalan L.A. Sucipto, diharuskan lewat u-turn fly over Arjosari,” tuturnya.

Ia juga menyebut, ujicoba rekayasa pengalihan arus lalin itu dilakukan agar tidak ada kepadatan yang lebih besar dimasa arus mudik lebaran yang tinggal menghitung hari lagi.

“Sistem nanti seperti ini. Dan kami lakukan rekayasa tersebut jika arus lalu lintas di Jalan A. Yani sudah parah. Kalau sudah berjalan lancar, maka kita kembalikan seperti semula,” pungkasnya.

Dalam ujicoba rekayasa pengalihan lalin tersebut, terpantau beberapa pengendara baik dari arah Jalan A. Yani, Borobudur, hingga Letjen Sutoyo ada yang bingung dan beberapa lainnya mematuhi arahan dari petugas.

Reporter: Ocky Novianton

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: