NewsOlahraga

5 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Malam Hari

ilustrasi yoga (freepik.com/senivpetro)
ilustrasi yoga (freepik.com/senivpetro)

CITY GUIDE FM – Berdasarkan penelitian dalam Journal Of Sleep Research menyatakan olahraga malam dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak mengganggu kualitas tidur. Bahkan justru membantu tidur lebih nyenyak dan terhindar dari risiko heatstroke. Melansir berbagai sumber, berikut olahraga malam hari yang aman untuk kamu lakukan :

Jalan Santai
Daripada olahraga lainnya, jalan kaki tidak memerlukan persiapan banyak yang merumitkan. Selain itu, jalan santai juga bisa bermanfaat menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta melawan depresi dan stres.

Kamu juga dapat menghilangkan pikiran negatif sebelum tidur supaya nyenyak di malam hari. Caranya cukup dengan jalan kaki selama 30 menit rutin setiap hari.

Baca juga :

Yoga
Selain di pagi hari, kamu bisa melakukan yoga di malam hari juga untuk melepas penat. Melakukan yoga saat malam membuat tubuh serta pikiran lebih rileks, sehingga rasa kantuk cepat datang. Tidak hanya itu, jenis olahraga ini mampu melancarkan peredaran darah, mengatur pernapasan, dan bahkan membakar kalori.

Fitness
Karena padatnya kegiatan pada pagi hingga sore hari, banyak orang lebih memilih berolahraga saat malam, termasuk fitness di gym. Di malam hari, kadar testosteron dan kapasitas anaerobik tubuh lebih tinggi, sehingga kamu menjadi lebih kuat. Selama olahraga, suhu tubuh meningkat dan kemudian turun kembali saat pendinginan yang membantumu tidur nyenyak.

Tai Chi
Tai chi merupakan perpaduan seni dan olahraga yang bertujuan melatih keseimbangan tubuh serta pikiran. Gerakannya menyerupai aliran air, sehingga membuat tubuh rileks seperti meditasi. Selain itu, tai chi juga mampu memperlancar aliran darah ke otak.

Pilates
Selain membakar kalori, gerakan pilates juga bermanfaat meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan daya tahan tubuh. Jika dilakukan sebelum tidur, bisa membantu melepaskan kecemasan dan mengurangi stres. Untuk menerapkan pilates, kamu bisa mencontoh tutorial di Youtube.

Penulis : Faydina Rizki (magang)

Editor : Intan Refa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also
Close
Back to top button

Radio



x