Ijen TalkNews

Pendampingan Menjadi Kunci Untuk Mengatasi Gangguan Psikologis Yang Dialami Korban Bencana

Dok.foto : Pengurus Himpunan Psikologi (HIMPSI) Jatim yang juga Wakil Dekan 1 Fakultas Psikologi UNMER  Al Thuba Prianggasari dalam Talkshow Idjen Talk hari ini (19/04/2021)

Malang – Hari ini (19/04/2021), Pengurus Himpunan Psikologi (HIMPSI) Jatim yang juga Wakil Dekan 1 Fakultas Psikologi UNMER  Al Thuba Prianggasari, hari ini (19/04) waktu talkshow dengan radio city guide menyampaikan, untuk mengatasi gangguan psikologi korban bencana termasuk gempa di Malang, yang terpenting dilakukan berupa pemberian support. Menurutnya, support bisa diberikan, dalam bentuk pendampingan. 

Al Thuba menjelaskan, pendampingan awal penting dilakukan, untuk mengantisipasi dampak dari gangguan psikologis yang dialami korban. Dia bilang, kalau sampai dampak psikologis itu tidak ditangani, kemungkinan bakal membuat depresi, penurunan mood, bahkan sampai potensi menyakiti diri sendiri.

Al Thuba juga menjelaskan, dalam melakukan pendampingan harus memperhatikan karakter sasaran. Kalau sasarannya anak-anak bisa dilakukan dengan cara mengajak bermain, dan kalau karakternya ibu-ibu bisa dengan cara pendekatan komunikasi untuk mencurahkan beban yang dia rasakan. (ERIKA ROSA/CG)

Sumber : City Guide

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: