Ijen TalkNews

Sumber Mata Air Kota Batu Semakin Berkurang

Dok.istimewa

Selasa (20/9), dalam Talkshow Idjen Talk di Radio City Guide, Kepala DPUPR Kota Batu – Alfi Nurhidayat mengatakan, sumber mata air Kota Batu mengalami penurunan dari total 157, saat ini tinggal 58 sumber mata air. Identifikasi penurunan sumber mata air di Kota Batu, salah satunya imbas debitnya yang menurun.

Alfi juga menjelaskan, mata air di Kota Batu banyak yang memanfaatkan, termasuk juga wilayah Kota Malang dan Kabupaten Malang. Untuk itu, peran dari masyarakat juga diperlukan. Sejauh ini dari DPUPR Kota Batu juga mengupayakan beberapa hal, seperti penanaman pohon kembali, sampai gerakan penampungan air.

Alfi juga menambahkan, sejauh ini sumber mata air dimanfaatkan banyak sektor, seperti untuk kebutuhan rumah tangga, irigasi, bahkan sampai wisata. Tapi kenyataanya, di Kota Batu sendiri masih belum merata dalam pemanfaatan sumber Mata Air. Di daerah Bumiaji memang berlimpah tapi di sebagian daerah Junrejo untuk mendapatkan air irigasi harus masih menunggu beberapa air. (WULAN INDRIYANI)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: