News

Selama Tahun 2022, Polresta Malang Kota Bekuk 459 Pelaku Kejahatan

CITY GUIDE FM, MALANG – Polresta Malang Kota terus berkomitmen untuk menjaga keamanan serta ketertiban dari bahaya gangguan Kamtibmas di wilayah Kota Malang.

Terbukti, dalam rilis akhir tahun 2022 di lobi depan Mapolresta Malang Kota, Jumat (30/12/22), kepolisian berhasil menangkap sebanyak 459 pelaku tindak kejahatan yang sudah diungkap oleh jajarannya.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, dari 459 tersangka itu, dengan perincian ada 182 tersangka merupakan tersangka pidana umum.

“Kemudian untuk sisanya atau sebanyak 277 tersangka, merupakan pelaku narkoba yang berhasil diungkap oleh Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba),” ujarnya.

BuHer sapaan akrabnya itu juga menjelaskan capaian kinerja di seluruh satuannya selama tahun 2022 ini.

Di Satreskrim Polresta Malang Kota, untuk kasus kejahatan total sebanyak 951 kasus dengan penyelesaian sebanyak 1.076 kasus. Bahwa, yang diungkap di tahun 2022 ada perkara yang dilaporkan pada tahun 2020 dan 2021,” tuturnya.

Dirinya menjabarkan, untuk kasus-kasus kejahatan yang menonjol seperti pencurian dengan pemberatatan (curat), di tahun 2022 ini ada 98 kasus dengan terungkap sebanyak 363 kasus.

“Kasus pencurian dengan kekerasan (curas), sebanyak 9 kasus dengan penyelesaian kasus sebanyak 12 kasus. Kemudian untuk pencurian kendaraan bermotor (curanmor), ada sebanyak 301 kasus dengan penyelesaian kasus atau terungkap sebanyak 245 kasus,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya menerima dua kasus pembunuhan. Dimana satu kasus telah berhasil diungkap (pembunuhan yang terjadi di Jalan Manyar Kecamatan Sukun), dan satu kasus lainnya (kematian mahasiswi PTN di dalam kamar kos) masih dilakukan pendalaman dan penyelidikan.

“Kemudian, untuk penganiayaan yang menyebabkan luka berat sebanyak satu kasus berhasil diungkap. Lalu, perkara yang melibatkan perguruan pencak silat sebanyak satu kasus juga telah berhasil diungkap,” lanjutnya.

Kemudian, di jajaran Satresnarkoba Polresta Malang Kota, selama tahun 2022 berhasil mengungkap sebanyak 240 kasus tindak penyalahgunaan narkoba.

Untuk jumlah barang bukti narkoba yang berhasil diamankan, seperti jenis sabu sebanyak 28,611 kilogram, ganja 38 kilogram, ekstasi 206 butir, pil koplo 330.393 butir, 19 pohon ganja, dan minuman keras sebanyak 149 botol.

“Barang bukti narkoba itu, rata-rata telah kami musnahkan. Dan dari ungkap kasus ini, kami berhasil menyelamatkan lebih kurang 311 ribu warga Kota Malang dari bahaya narkoba,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, BuHer juga menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kota Malang tetap kondusif.

“Selain meningkatkan kegiatan patroli, kami juga meminta partisipasi masyarakat agar lebih peduli terhadap keamanan di lingkungan tempat tinggalnya,” pungkasnya. (ok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio



x
%d blogger menyukai ini: