Ijen TalkNews

Perguruan Tinggi Perlu Berupaya Membuat Lulusannya Siap Kerja

Dok.istimewa

Jum’at (2/9) dalam talkshow idjentalk radio city guide, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang – Misbahuddin Azzuhri menilai, untuk masalah pertumbuhan ekonomi serta tingginya angka pengangguran, Perguruan tinggi juga perlu berupaya membuat lulusan mereka siap kerja, karena malang sebagai kota pendidikan dengan banyaknya perguruan tinggi, juga menyumbang banyaknya angka pengangguran.

Misbah menilai, usia produktif sekarang diisi generasi milenial dan gen Z, yang memiliki karakteristik berbeda meski sama-sama memahami teknologi industri. Kata Misbah, cara pengaplikasian pekerjaan milenial cenderung pada algoritma yang bisa dibaca seperti bekerja di sektor formal dan terstruktur. Tapi generasi Z lebih suka dengan kegiatan real time, apa yang terjadi sekarang itu yang digeluti.

Selain itu, misbah mengatakan, Cara pandang pada pendidikan mereka juga berbeda, seperti millenial yang merasa harus mencapai pendidikan sampai di perguruan tinggi, tapi generasi Z lebih antusias pada tutorial di luar pendidikan akademis. Jadi ini akan mempengaruhi serapan kerja mereka dari tingkat lulusan pendidikan, dan kebutuhan industri saat ini. (Elsa Renika)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio



x
%d blogger menyukai ini: