EkonomiNews

Indonesia Mencukupi Indonesia dengan Berdayakan Produk Lokal

Sumber : Dok Istimewa

Setiap negara pasti memiliki kekayaan, namun ada juga beberapa negara yang dikategorikan menjadi negara miskin.

Hal itu dilandasi dengan seberapa kuat suatu negara untuk mencukupi kebutuhan negaranya dengan siklus ekonomi yang kuat.

Dalam Podcast Galeri Anak Negeri, Owner NK Group R. Djoni Sudjatmoko SE MM mengatakan, dalam suatu negara tidak hanya sekedar menguatkan kedaulatan pemerintahan, namun juga harus menjaga siklus ekonominya.

Djoni menyebut, ada 2 hal yakni cadangan devisa dan jumlah hutang. Seperti mata uang dan pekerja devisa negara yang bekerja di luar negeri.

“Siklus itu bisa terpenuhi namun jika tidak dipantau dengan baik maka ujungnya akan sama seperti negara Srilanka yang nyaris dinyatakan bangkrut oleh Bank Dunia,” ujarnya.

Abah Djoni sapaan akrabnya ini juga menjelaskan insiden tersebut bisa dikaitkan dengan masalah jumlah hutang dari suatu negara. “Bisa saja negara itu yang dikuasai oleh negara asing yakni banyaknya hutang luar negeri dan penanaman modal asing,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, saat ini Cadangan devisa di Indonesia capai Rp. 136,5 M sedangkan jumlah hutang tembus diangka Rp 406 M. “Ini waspada, dan harus ada penanganannya,” lanjutnya.

Djoni menyebut, hal itu bisa diatasi jika semua pihak dan masyarakat membeli dan memberdayakan produk lokal.

“Saya lihat produk lokal kita tidak kalah bagus, justru harus ada kesadaran bahwa ini satu-satunya jalan untuk meningkatkan cadangan devisa negara ini dibandingkan dengan hutang luar negeri,” pungkasnya. (rep/ok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Radio


x
%d blogger menyukai ini: